Sabtu, 22 Januari 2011

JOOMLA

1.     Pengertian Joomla
CMS atau Content Management System adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menciptakan, mengedit, mengatur, dan melakukan pencarian, serta mempublikasikan dari bemacam-macam media digital. Jika disatukan dengan kata “web”, maka CMS bisa dikatakan sebagai software pengelola isi atau content yang ada di dalam website. Contoh CMS yang ada di dunia internet adalah Joomla, Mambo, Drupal, PHP-Nuke, Xoops, Siteframe, dan Geeklog. Tetapi, dari sekian banyak CMS yang ada, Joomla adalah salah satu CMS yang cukup powerful dan popular sampai saat ini, khususnya di Asia.
 
Joomla adalah salah satu Web Content Management System (WCMS) yang memung-kinkan seseorang dapat membuat website, misalnya website personal, web portal, web komunitas, web media cetak, web toko online, dll.


2.     Keunggulan Joomla
Dewasa ini, dengan semakin majunya teknologi dan komunikasi, banyak sekali program-program yang menawarkan aplikasi untuk desain web. Dari banyaknya aplikasi tersebut, Joomla adalah salah satu aplikasi desain web yang banyak direkomendasikan / digunakan. Hal ini dikarenakan, sebagai sarana untuk membuat sebuah website, Joomla memiliki berberapa kelebihan dibandingkan dengan program desain web yang lainnya. Beberapa keunggulan Joomla adalah sebagai berikut :
a.       Kita bisa melakukan perubahan isi website, dari mana saja dan kapan saja selama kita terhubung dengan jaringan internet, sehingga kita tidak perlu repot.
b.      Joomla memiliki ribuan extensions yang bisa ditambahkan ke dalam website Joomla. Extensions adalah paket aplikasi yang dapat di-install ke Joomla untuk menambah fungsinya. Hal ini sangat menguntungkan karena user dapat membuat website nya lebih lengkap dan menarik.
c.       Joomla menyediakan fasilitas yang membuat web yang kita buat semakin menarik, misalnya untuk layout. Selain layout yang disediakan Joomla, kita tetap bisa men-download dan menambahkan layout lain ke web yang kita buat sehingga kita tetap bisa berkreasi tanpa harus terpaku pada apa yang ada pada Joomla.
d.      Memungkinkan para pemakai Joomla meng-customize template dari bawaan Joomla sesuai dengan keinginan dan kreativitasnya. Dengan demikian, hasil yang didapat akan lebih memuaskan.
e.       Mempermudah seseorang membuat website tanpa dipusingkan dengan bahasa pemprograman. Kebanyakan program desain web yang ada, memaksa pengguna untuk menguasai bahasa pemprograman yang terkadang sangat rumit. Akan tetapi, tidak pada Joomla. Dengan Joomla, siapa saja dapat membuat desain web.
3.     Persyaratan Joomla
Untuk meng-install Joomla pada komputer, sistem operasi yang dapat digunakan adalah Windows, Linux, dan Macintos. Namun, selain sistem operasi, kita juga harus memiliki/meng-install syarat-syarat Joomla yang lain, yakni web server, PHP, MySQL, dan wamp server.
3.1.    Web Server
Web server merupakan kunci utama dari sebuah website yang akan kita kelola. Web server bisa bermacam-macam, seperti Tomcat, IIS (Internet Information Services), Apache, dsb.

3.2.    PHP
PHP adalah salah satu bahasa pemprograman yang berbasis web (server side). Dalam Joomla, bahasa pemprograman yang digunakan adalah PHP. Sampai saat ini, PHP adalah bahasa pemprograman yang paling banyak digunakan untuk membuat web.

3.3.    MySQL
MySQL adalah sebuah aplikasi database guna menyimpan data-data yang akan disimpan oleh Joomla. Jika tidak ada MySQL, Joomla akan bingung harus menyimpan/ meletakkan  data-datanya dimana.

3.4.    Wamp Server
Wamp server adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL dan PHP. Wamp server adalah aplikasi yang menggabungkan antara Apache, MySQL, dan PHP. Jadi, jika telah meng-install waps server, maka tidak perlu lagi meng-install Apache, MySQL, dan PHP satu per satu.
Selain wamp server, masih ada aplikasi-aplikasi yang sejenis dengan wamp server ini, yaitu Mamp (untuk sistem operasi Macintosh), Lamp (untuk sistem operasi Linux), dan Xampp (untuk semua sistem operasi Linux, Windows, SPARC, dan Mac OS).

4.     Menu dan Ikon pada Control Panel

Pada halaman control panel, akan ada 10 ikon dan 7 menu.
4.1. Ikon-ikon
§  Add New Article : untuk membuat artikel, biasanya berupa teks digital
§  Article Manager : untuk membuat, mengedit, meng-copy, memindahkan, dan menghapus artikel
§  Front Page Manager : untuk menentukan yang mana saja artikel yang langsung ditampilkan di halaman utama
§  Section Manager : untuk membuat, mengedit, dan meng-update pengaturan section-section yang telah dibuat
§  Category Manager : untuk membuat, mengedit, dan menghapus kategori
§  Media Manager : untuk menyimpan dan menambahkan file-file multimedia, seper-ti foto, video, dan dokumen elektronik
§  Menu Manager : untuk mengatur semua menu yang ada dalam website kita
§  Language Manager : untuk mengatur bahasa yang dipakai pada halaman utama website
§  User Manager : untuk mengatur semua pengaturan user-user yang sudah maupun belum menjadi anggota
§  Global Configuration : untuk mengatur semua pengaturan dasar untuk website, termasuk juga mengatur system dan server

4.2. Menu-menu
§  Site : memiliki 5 submenu, yaitu Control Panel, User Manager, Media manager, Global Configuration, dan Logout.
§  Menus : memiliki 8 submenu, yaitu Menu Manager, Menu Trash (melihat menu-menu yang telah dihapus), Main menu, User menu, Top Menu, Resources, Example Pages, dan Key Consepts.
§  Content : memiliki 5 submenu, yaitu Article Manager, Article Trash, Section Manager, Category Manager, dan Front Page Manager.
§  Component : memiliki 6 submenu yang secara default telah disediakan oleh Joomla, yaitu Banner, Contact, New Feeds, polls, Search, dan Weblinks. Namun,  pembuat website juga bisa menambahkan component yang baru.
§  Extensions : memiliki 5 submenu, yaitu Install/Uninstall, Module Manager (Module adalah aplikasi kecil yang nantinya akan ditampilkan di halaman utama), Plugin Manager (plugin adalah aplikasi tambahan yang berfungsi menambahkan fungsi system Joomla, Template Manager (template adalah file penyerta yang berfungsi sebagai baju, sehingga website akan terlihat lebih cantik), dan Language Manager.
§  Tools : memiliki 5 submenu, yaitu Read Messages, Write Messages, Mass Mail (untuk menulis pesan secara missal ke semua anggota website), Global Check-in (untuk melihat artikel-artikel yang terkunci) , dan Clean Cache (untuk menghapus file cache yang ada di webserver.
Help : memiliki 2 submenu, yaitu Joomla! Help dan System Info.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar